Translate

Thursday, May 30, 2013

Tips Panduan Juru Ukur/Surveyor Leger Jalan

Sedikit berbagi  catatan umum tips bagi Juru Ukur/Surveyor Leger Jalan berdasarkan diskusi dan sharing pengalaman pada kegiatan survey leger jalan sebelumnya, tips ini berlaku apabila juru ukur/surveyor dikontrak pula hingga tahapan akhir berupa pencetakan format leger jalan dalam ukuran kertas A3 dan bentuk hardcopy lainnya beserta dengan softcopy semua data-data ukur.  

Langsung saja.....

Pra Survey


  1. Lakukan briefing dengan tim lapangan Leger Jalan seputar SOP (Standar  Operasional Prosedur) Leger Jalan, catatan Kontrak Kerja, deskripsi daftar ruas jalan, deskripsi output yang diharapkan dan sebagainya.
  2. Checklist /daftar peralatan dan perlengkapan yang akan dibawa/dipergunakan dilapangan
  3. Perhitungkan biaya operasional seluruh kegiatan sehingga lebih efisien.
  4. Bangun team work yang solid sehingga dapat meminimalisir kekurangan dan satu sama lain saling mengingatkan
  5. Ulasan Panduan Leger Jalan dan catatan apabila dalam beberapa hal terdapat perubahan (biasanya berkenaan dengan Kartu Leger Jalan dan Jembatan) 
  6. Surat tugas jangan  lupa untuk dibawa
  7. Apabila Leger Jalan yang akan dilakukan adalah Pemutakhiran Leger Jalan, maka harus dapat data/informasi Leger Jalan sebelumnya.
  8. Koordinasi dengan fihak-fihak terkait baik itu secara lisan atau tertulis
  9. Ketahui adat/norma budaya daerah setempat (daerah-daerah yang akan di survey)

Survey



  1. Lakukan pengukuran sesuai dengan prosedur (Situasi, Polygon dan Waterpass)
  2. Lakukan perhitungan data ukur sesuai dengan prosedurnya
  3. Bawa form kosong Kartu Leger Jembatan
  4. Catat NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) daerah yang diukur lengkap dengan semua data pendukungnya.
  5. Kerjasama dengan dinas terkait (biasanya dengan Dinas P2JN) setempat yang memiliki peran berkenaan dengan kegiatan Leger Jalan atau dinas lainnya dilapangan, baik itu berupa Data ataupun Gambar.
  6. Diusahakan membuat draft gambar langsung apabila telah diperoleh sebagian data-data lapangan, untuk mempersingkat proses selanjutnya.
  7. Buat backup setiap data dalam media penyimpanan data lain untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.
  8. Jika diluar daerah cari tempat/basecamp yang mudah untuk mengakses fasilitas-fasilitas untuk kemudahan proses selama kegiatan berlangsung.
  9. Kerjasama dengan pihak-pihak lainnya untuk kelancaran kegiatan. 

Pasca Survey


Proses ini adalah proses pengolahan semua data-data lapangan, dan mengolahnya kedalam format yang disepakati bersama sesuai dengan perjanjian kontrak kerja.

to be continued.....