Translate

Monday, June 3, 2013

Stationing Polyline Leger Jalan

Automatic Stationing Polyline 


Diantara sekian banyak aplikasi dan cara/metode yang lain, stationing menggunakan CadTools dapat dijadikan sebagai salah satu jalan yang cukup efektif, paling tidak kita tidak perlu direpotkan dengan harus input satu persatu baik itu angka KM atau STA persegmen yang diminta.

Dalam Leger Jalan Stationing seperti tampak pada gambar berikut :
Stationing KM ditunjukkan oleh REVCLOUD 
Dapat dibayangkan betapa akan banyak menyita waktunya apabila proses stationing ini dilakukan satu-persatu apabila panjang ruas jalan yang akan di plot berkilo-kilometer panjangnya.

Kita mulai saja ...

  1. Buat Garis Polyline berdasarkan data ukur polygon, dalam sample ini adalah data ukur Polygon Jl.Khatulistiwa Provinsi Kalimantan Barat panjang ruas sample data yang diambil sebanyak 6.350m
  2. Akses Stationing diambil dari menu Commands>Lines>Stationing 
  3. Selanjutnya seperti biasa buat layer baru untuk stationing ini dan aktifkan sebagai Current Layer atur Stationing Polylinenya
  4. Setelah selesai semua settingannya kita hanya tinggal klik Execute, tunggu prosesnya hingga selesai
  5. Hasil akhirnya seperti tampak dalam gambar berikut 
  6. Sampai disini Stationing dari CadTools selesai. Langkah selanjutnya kita hanya tinggal mengatur saja sesuai dengan permintaan dari Format Kartu Leger Jalan. Paling tidak dengan alat ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan mengenai posisi/letak untuk stationing apabila harus dikerjakan secara manual dan itu cukup dilakukan dengan On/Off Layer Stationing pada AutoCad.
Demikian uraian singkat stationing Polyline untuk pekerjaan gambar Leger Jalan ini disampaikan, semoga bermanfaat.