Translate

Saturday, May 25, 2013

Membuat Basic Polyline Berdasarkan Koordinat Lapangan

Entry Pos kali ini penulis akan mencoba menguraikan proses bagaimana cara membuat garis dasar polyline pada AutoCAD 2012.

Proses ini merupakan bagian yang berperan penting untuk proses lanjutannya. kesalahan dalam menggambarkan/memplotting bagian ini akan berakibat pada bagian lainnya dalam hal pengolahan gambar maupun data pada leger jalan.

Poin penting yang diperlukan disini adalah titik-titik koordinat yang diperoleh dari lapangan yang berupa X,Y,Z.

Seperti tampak dalam gambar berikut :
Data Polygon Ruas Jalan daerah Putussibau Kalimantan Barat

Selanjutnya buka AutoCAD, buat layer baru, beri nama dan warna sesuai selera set as default layer/aktifkan layernya, pada sample ini penulis mangambil data koordinat lapangan pada ruas jalan di Putussibau Kalimantan Barat.

Data yang akan diplot  sesuai gambar pada excel yang di blok yaitu sepanjang 750m. Langkah selanjutnya ialah mengaktifkan CadTools dan mengambil menu command "Draw from Coordinates">Polyline Vertex.

Salin nilai X,Y,Z (Z merupakan angka ketinggian dilapangan) yang ada di excel untuk kemudian paste di CADTools hingga tampak seperti berikut :

Data Koordinat yang akan diplot kedalam AutoCAD
Dalam layar tampak data-data koordinat yang akan di plot sepanjang 750m lengkap dengan data elevasinya per 50m, polygon yang akan digambarkan akan digambarkan dalam layer polygon yang sebelumnya telah dipersiapkan. Klik draw dan boom hasilnya seperti tampak berikut ini :

Titik-titik Vertex yang tercipta dari data koordinat per segmenya masing-masing
Tampilan layar untuk melihat point Z yang tercipta
Cek kembali data keakuratan koordinat dengan perintah ID pada menu command AutoCAD, specify point>shift kil kanan>end point titik awal maka hasilnya :

Titik Awal koordinat polygon = Titik Awal koordinat data lapangan pada excel
Demikian cara sederhana membuat basic polyline berdasarkan data koordinat survey lapangan ini dibuat, semoga bermanfaat.